Permainan Zondaag Mandaag Tradisional Sumatera Utara



Ciri permainan ini adalah melompat dengan satu kaki di dalam kotak. Zondag Mandaag, yang dikenal dengan beragam nama menyebar di seluruh pelosok Nusantara saat pemerintahan Hindia Belanda. Permainan tradisional Tapanuli yang terasimilasi dari budaya Belanda dan juga suku suku di Indonesia dengan berbagai sebutan nama dimainkan dan kami temukan di Depok, permainan yang tidak pernah lekang oleh waktu. Dimainkan oleh seluruh anak-anak dari pedesaan sampai anak-anak di perkotaan.

Zondag Mandaag merupakan permainan rakyat yang hingga kini masih sering dimainkan. Agar tidak kehilangan warisan budaya, Di sekolah-sekolah dasar tetap diperkenalkan kumpulan permainan tradisional khas Indonesia yang juga termasuk warisan Budaya kita.

Minggu pagi itu (1/12) jadwal berolahraga yang asik untuk Anak-anak perumahan di daerah Depok dua. Pagi ini mereka akan memainkan permainan Zondag Mandaag.

Meskipun mereka belum semua mengerti tata cara permainan ini, namun adik Dina tetap antusias memperhatikan contoh yang diberikan oleh Fajri( Murid kelas 6 SD Mekarjaya). Senyum dan kebahagian Fajri tergambar jelas dan adiknya pun menyimak sambil sesekali tertawa bersama.

Mungkin bagi orang dewasa memainkan permainan ini akan mudah, tapi Bagi adik-adik kecil melompat dengan satu kaki di dalam kotak cukup merepotkan. Ada yang melompat tanpa melihat kotak mana yang harus dilompati. Ada pula yang sebentar sebentar dua kaki nya menapak di lapangan, Namun kadang ada juga yang malu malu sehingga perlu dituntun untuk melintasi peta Zondag Mandaag yang biasa dibuat dengan kapur putih. Walaupun demikian kebahagian terlihat dari Anak-anak ini.

Permainan zondag mandaag berasal dari zaman Belanda.sesuai kosakata zondag: Minggu, dan maandag: Senin, Namun dalam permainanya tidak terikat hari Minggu atau Senin. Lamanya kolonial Belanda mendiami Nusantara sangat berkaitan dengan menyebarnya permainan ini di sejumlah daerah Indonesia antara lain Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali dan Sumatra.

Bagi sub etnis Batak Angkola dan Mandailing yang mendiami Kabupaten Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Sidempuan, Padang lawas permainan ini disebut marpicek. Marpicek diambil dari kata picek yang artinya pecahan genting.

Beda lagi hal nya dengan sebagian besar masyarakat tanah Jawa yang mengenal permainan zondag maandag dikenal dengan engklek. Engklek biasanya dimainkan oleh anak perempuan. Nama engklek juga dikenal dalam bahasa Betawi dan pada umumnya di Jakarta Raya. Namun, sebagian kecil warga Jakarta mengenalnya dengan betengan dan pecahan genting biasa disebut bĂȘte.

Cara Bermain

Cara bermain permainan zondag maandag sangatlah mudah, tidak diperlukan perlatan yang ribet, dan keahlian apa apa. Hanya memerlukan kapur tulis atau puing batu batu untuk menggambar peta zondag maandag di semen atau tanah dan alat untuk dilemparkan atau yang biasa disebut kereweng.

Seluruh bidang harus dilalui dengan lompatan dari satu kaki. Cara memulainya, pemain melemparkan pecahan genting atau kereweng mengarah ke kotak nomor satu atau bidang paling awal untuk dilewati. Dalam permaina ini dilatih keterampilan dalam mengamati ruang agar kareweng tidak keluar dari bidang yang sudah digambar dan tepat sasaran. Permainan ini juga melatih kecerdasan visual.

Setelah kereweng itu jatuh di kotak setiap pemain pertama berhak melompat mulai dari kotak pertama sampai ke enam sesuai dengan giliran yang sudah diundi sebelum permainan. Setelah mencapai kotak ke enam pemain berhenti sejenak di bidang A kemudian kembali lagi mengambil kereweng yang ada di kotak satu dengan posisi kaki satu masih diangkat.

Untuk naik ke tingkat selanjutnya pemain harus melempar kereweng ke bidang nomor 2 . Gerakan yang sama dengan level 1 akan diulang. Pemain yang selanjutnya akan mendapatkan giliran jika pemain melempar kereweng tidak tepat sasaran dan begitu seterusnya.

Memang dari sekian banyak permainan tradisional zandag maandag banyak aturannnya diantaranya kaki jangan keluar dari kotak, kereweng harus kembali diambil pada perjalanan kembali ke kotak nomor 1 dan sebagainya.

Dalam setiap permainan diharapkan adik-adik menerima kekalahannya. Jika pemain bermain curang maka akan mendapat respon negative dari teman –temannya. Semoga permainan ini akan terus bertahan dan tidak tergerus seperti budaya lainnnya. Permainan tradisional yang umumnya dikenal dengan nama zondag maandag ini mempunyai berbagai macam nama di Nusantara dan merupakan permainan tradisional yang melegenda.

Sumber:http://targetabloid.co.id/berita/981-zondaag-maandag-permainan-tradisional-nusantara


Share:

0 comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Definition List

Unordered List








Support

Calendar Widget by CalendarLabs