Permainan Batu Marsiada Tradisional Sumatera Utara



Banyak game anak tradisional di kampung (huta) pernah kita mainkan dan kita ketahui, seperti game marsitengka, margala, marampera, maralep cendong dan sebagainya. Namun game permainan tradisional diatas akan jarang kita jumpai, seperti game yang satu ini Marsiada. Game marsiada ini kita jumpai di Butar – Siborongborong, saat bersama Yetty Aritonang berkunjung ketempat keluarga disana.

Kesempatan yang sangat berharga inipun di manfaatkan oleh Novel Simbolon, saat memory itu muncul kembali saat game itu dimainkan oleh dua anak perempuan. Game marsiada adalah permainan lempar-tangkap batu kecil tanpa menyentuh batu lain. Biasanya game ini dimainkan anak laki-laki maupun perempuan dimana diantar mereka harus mempunyai batu kecil pilihan sebagai taruhan dalam game tersebut.

Dari penuturan anak-anak yang kami tanyai di kampung Butar Siborongborong, game marsiada harus mempunyai minimal 10 batu kecil pilihan per orang. Dan dimainkan secara perorangan maupun group. Mereka menyebut game marsiada ini adalah game Marengka, yang dimainkan di lantai semen ataupun lantai tanah. Disebagian daerah mereka sebut Marbatu, Marpingke.

Sumber:http://www.gobatak.com/game-anak-tradisional-di-huta-batu-marsiada/


Share:

0 comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Definition List

Unordered List








Support

Calendar Widget by CalendarLabs