Permainan Pacu Kude Tradisional Aceh



Pengertian dari permainan Tradisional Pacu Kude adalah duduk di atas kuda yang lari atau Dalam bahasa Indonesia Memiliki arti sebagai pacuan kuda.

Dari Daerah Aceh manakah Permainan Tradisional Pacu Kude? Permainan ini terdapat di Kabupaten Aceh Tengah, tepatnya didaerah TaKegon. Cukup beralasan mengapa Pacu Kude ini di daerah Takegon, karena daerah Takengon memiliki padang rumput yang sangat luas. Selain itu daerah ini juga memanfaatkan kuda sebagai alat transportrasi alat atau alat angkutan yang sangat praktis dan sering digunakan di daerah pegunungan. Di Daerah ini kuda juga sering digunakan untuk membajak sawah. Sehabis panen, biasanya kuda-kuda ini tidak mempunyai kegiatan apa-apa yang dianggap penting. Waktu-waktu seperti itu sering kuda-kuda tersebut berlari-lari berkelompok.

Kebiasaan ini di kembangkan dan di koordinir segingga terbentuk permainan pacu kude. Permainan Pacu Kude ini sebelumnya merupakan permainan informal, Belum memiliki aturan yang baku untuk dilaksanakan. Namun, Seiring berjalannya Waktu, permainan ini ditingkatkan menjadi permainan resmi dan terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi. Pasti Sebagai warga Aceh Permainan Tradisional Nanggroe Aceh Darussalam Pacuan Kude ini Merupakan Kebanggaan. Karena Belum tentu suatu daerah memiliki keunikan dan geografis seperti yang ada di daerah Takegon.

Demikian Ulasan singkat tentang Pacu Kude yang merupakan Permainan Tradisional Asli dari Nanggroe Aceh Darussalam.

Sumber:http://permainan-tradisional-nusantara.blogspot.com/2017/01/permainan-tradisional-aceh-pacu-kude.html


Share:

0 comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Definition List

Unordered List








Support

Calendar Widget by CalendarLabs