Permainan Nandong Tradisional Aceh



Nandong dalam masyarakat Simeulue adalah media mengungkapkan perasaan. Termasuk dalam seni tutur yang telah lama mengakar dalam kebudayaan Simeulue. Kesenian ini adalah salah satu kesenian yang sangat populer di kalangan masyarakat setempat.

Simeuleu merupakan salah satu daerah yang tak luput dari hantaman bencana Tsunami sebagaimana yang menimpa sebagian besar daerah Aceh lainnya akhir tahun 2004 lalu. Namun, walau pun terjangan tsunami di daerah ini sama dahsyatnya dengan yang menimpa daerah lainnya, pulau Simeulue mencatat korban lebih sedikit.

Dalam lembar catatan sejarah, warga pulau Simeulue sudah mengenal tsunami sejak beberapa abad silam. Seperti halnya cerita tentang smong (gelombang besar) yang terjadi di tahun 1904.

Melalui cerita turun temurun disampaikan dalam bentuk senandung syair-syair. Lazim disebut Nandong kesenian ini telah mampu meminimalisir jatuhnya korban ketika bencana besar tsunami menghantam.

Nandong pada masyarakat Simeulue adalah media mengungkapkan perasaan. Termasuk dalam seni tutur yang telah lama mengakar dalam kebudayaan Simeulue. Kesenian ini adalah salah satu kesenian yang sangat populer di kalangan masyarakat setempat.

Nandong dimainkan oleh dua orang atau lebih diiringi pukulan gendang yang ditabuh di sela-sela bait-bait syair dilantunkan. Dalam seni Nandong, syair yang dilantunkan punya kekhasan tersendiri. Menyampaikan pesan-pesan yang edukatif, syair yang dipergunakan juga bertingkat dan berlapis.

Biasanya sebelum Nandong dimulai, ia terlebih dahulu diawali dengan Seuramo Gendang. Kemudian kesenian Nandong berturut-turut masuk pada tingkatan syair pantun, serak, samba, rantau, kasih, dan izin.

Musik nandong umumnya bernada lirih, dan para penyanyinya bersuara menjerit meratap-ratap. Suara vokalis Nandong mengingatkan pada musik beluk di Sunda. Yang juga dinyanyikan dengan suara melengking seperti hendak merobek perut langit agar segera menumpahkan berkah.

Menurut sumber perpecaya, asal kata Nandong dari nanga-nanga. Nandong dan nanga-nanga adalah seperti sebuah hati yang terbagi dua.

Sumber: https://amonmawi.blogspot.com/2016/11/nandong-kesenian-tradisi-masyarakat-simeulue.html


Share:

0 comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Definition List

Unordered List








Support

Calendar Widget by CalendarLabs