Permainan Meong-meongan Tradisional Bali



Cukup familiar kan dengan kata ‘meong’? Nah, tepat sekali. Meong merupakan suara kucing dan maksud permainan ini adalah permainan kucing-kucingan.

Meong-meongan biasa dimainkan oleh lebih dari delapan pemain dengan satu orang sebagai tikus dan satu lagi sebagai kucing. Cara memainkannya, yang berperan sebagai kucing berada di luar lingkaran besar para pemain lain. Sedangkan pemeran tikus berdiri di tengah lingkaran besar.

Kemudian seluruh pemain mengawali permainan dengan bernyanyi. Para pemain yang membentuk lingkaran ini harus melindungi pemain tikus dari pemain kucing. Namun, mereka tidak lagi melindungi pemeran tikus ketika sampai pada lirik “juk-juk meng juk-juk kul”.

Pada saat tersebut, pemeran kucing bisa masuk ke dalam lingkaran untuk menangkap pemeran tikus. Sedangkan pemeran tikus bebas keluar masuk lingkaran. Permainan akan berakhir ketika pemeran kucing berhasil menangkap tikus. Jika sudah begitu, permainan bisa diulang kembali dengan pemeran tikus bergantian menjadi pemeran kucing dan seterusnya.

Sumber:https://malangtoday.net/flash/bali/4-permainan-tradisional-bali/

Share:

0 comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Definition List

Unordered List








Support

Calendar Widget by CalendarLabs