Permainan Geulayang Teunang Tradisional Aceh



Permainan tradisional Geulayang Tunang. Permainan ini memiliki arti sebagai berikut. Geulayang Tunang terdiri dari dua kata yaitu geulayang yang berarti laying-layang dan tunang berarti pertandingan. Jadi geulayang tunang adalah pertandingan laying-layang atau adu laying yang diselenggarakan pada waktu tertentu. Permainan ini sangat digemari di berbagai daerah di Aceh.

Di provinsi paling barat Indonesia, Aceh, permainan ini sudah ada pada masa Sultan Iskandar Muda.

Perbedaan Lokasi membuat Permainan tradisional Geulayang Tunang memiliki nama lain, ada yang menyebutnya adud geulayang. Kedua istilah yang disebutkan terakhir memiliki maksud dan arti yang sama. Pada zaman dahulu, permainan ini diselenggarakan sebagai pengisi waktu setelah masyarakat suatu tempat panen padi. Sebagai pengisi waktu, permainan ini sangat bersifat rekreatif.

Sejarah Permainan tradisional Geulayang Tunang. Pada zaman dahulu permainan ini diselenggarakan sebagai pengisi waktu setelah mereka panen padi. Sebagai pengisi waktu, permainan ini sangat bersifat rekreatif.

Sedikit tentang Permainan tradisional Geulayang Tunang yaitu Permainan yang dimainkan secara tim dengan jumlah orang 4-5 laki-laki ini biasanya si pemenang akan dihadiahkan seekor kambing atau sapi sebagai hadiah. Hewan tersebut kemudian disembelih dan dimasak untuk dimakan bersama-sama, setelah pertandingan digelar.

Sumber:http://permainan-tradisional-nusantara.blogspot.com/2015/07/permainan-tradisional-geulayang-tunang.html


Share:

0 comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Definition List

Unordered List








Support

Calendar Widget by CalendarLabs