Permainan Gatok (Katok) Tradisional Aceh



Pengertian dari Permainan Tradisional "Gatok" yaitu suatu permainan dengan mempergunakan biji pinang tua sebagai alat dan mempergunakan jari tangan sebagai pelenting buah pinang.Selain nama gatok permainan ini juga Sering disebut . Permainan teradisional Katok

Lokasi atau tempat yang diperlukan dalam Permainan Tradisional "Gatok" yaitu dilaksanakan di lapangan yang relatif sempit, awal Permainan Tradisional "Gatok" dibuat 3 buah lubang di tanah yang 1 meter. Setiap peserta I biji pinang.

Peserta yang melakukan Permainan Tradisional "Gatok" adalah anak laki-laki yang berumur 8-12 tahun.

Waktu yang digunakan dalam Permainan Tradisional "Gatok" yaitu waktu senggang atau pada sore hari. Peserta pemain aniara 3 - 5 orang.

Dan inilah cara bermain Permainan Tradisional "Gatok": Dari lubang A buah permainan dibuang ke arah lubang C, giliran ditentukan dengan mengukur jarak buah permainan dengan lubang C, dan yang dianggap pemenang (sekaligus memperoleh giliran I) adalah buah yang terdekat dengan lubang C. Tetapi bila lebih dari sebuah yang masuk ke dalam lubang C, maka buah yang terakhirlah yang merebut giliran 1. Jika ketiga-tiganya masuk lubang, maka masing-masing memperoleh angka 1 dan seterusnya secara bergiliran sehingga mencapai angka 10 dan ini sudah dianggap game. maka ia berhenti dan menunggu sisa penyisihan lainnya hingga yang dianggap kalah adalah satu orang yang terakhir. 

Permainan ini juga memiliki hukuman bagi yang kalah, yaitu harus membuka telapak tangannya di lubang A, lalu D dan F melempar telapak tangannya di lubang A, lalu D dan F melempar tangan E sekuat tenaga dari lubang C masing-masing sekali lemparan.

Sumber:http://permainan-tradisional-nusantara.blogspot.com/2015/07/permainan-tradisional-gatok-asal-nad.html


Share:

0 comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Definition List

Unordered List








Support

Calendar Widget by CalendarLabs