Obyek wisata hutan mangrove di Yogyakarta

Obyek wisata hutan mangrove di sekitaran Pantai Pasir Kadilangu Kulonprogo kini menjadi tujuan wisata baru favorit para wisatawan. Selain dapat menikmati indahnya pesona Hutan Mangrove Kulonprogo, traveler yang datang juga akan dimanjakan beberapa spot menarik berbentuk unik dan atraksi seru.

Sedangkan untuk letak Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu itu sendiri tepatnya ada di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Apalagi populeritas wisata hutan mangrove Kulonprogo semakin banyak dikenal banyak khalayak. Ini menjadikan trend kunjungan wisata ke daerah Kulonprogo terus meningkat.

Sebenarnya keberadaan lokasi obyek wisata hutan mangrove ini tersembunyi di aliran Sungai Bogowonto. Spotnya tak cuma satu, tapi banyak. Hutan mangrove dan sungai menjadi spot utama yang dapat dilihat, menariknya jembatan bambu menjadi penghubung lokasi satu dengan yang lainnya. Sehingga memudahkan pengunjung untuk menjelajah setiap lokasi kawasan hutan mangrove. Karena setiap lokasi diberi sentuhan dekorasi cantik dengan beragam bentuk unik desain artistik.

Uniknya lagi, setiap lokasi yang ada dekorasinya mempunyai penamaan kekinian. Yang paling terkenal salah satunya Obyek Wisata Alam Hutan Mangrove Jempatan Api-Api, jembatan utama penghubung. Terus, yang menjadi incaran favorit untuk berfoto-foto para wisatawan saat berkunjung ke hutan mangrove kulonprogo adalah jembatan yang berbentuk hati atau cinta. Melalui gardu pandang dari ketinggian para traveler dapat mengabadikan setiap keindahan.

Tidak cuma itu saja, ada pilihan spot tematik terbaru berupa menara ikonik berbentuk tower kerucut tinggi. Serunya lagi, bisa dinaiki. Tambahan paling anyar tersebut, jadi daya tarik baru.



Terus apalagi yang menarik dari wisata hutan mangrove Pasir Kadilangu ini? Selain melihat-lihat keindahan hutan mangrove, pengunjung dapat menikmati atraksi seru-seruan menaiki kapal perahu berlayar keliling di sungai Bogowonto kawasan hutan mangrove kulonprogo. Disamping itu, mengenalkan nilai inspiratif kepada masyarakat luas bahwa hutan mangrove mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya abrasi pantai, agar kelestarian alamnya tetap terjaga.

    Daya Tarik Wisata Ini:
  • Spot Unik Hutan Mangrove Pasir Kadilangu
  • Ada cukup banyak spot unik di Hutan Mangrove Pasir Kadilangu yang sangata disukai pengunjung. Diantaranya adalah jembatan bambu yang dirancang dengan bentuk hati berwarna merah muda (pink) yang menarik. Banyak pasangan muda yang senang berfoto selfie di sekitar jembatan bambu ini. Spot lainnya yang juga popular adalah sebuah stand yang juga berbentuk hati namun dibangun dari ratusan atau ribuan bunga-bunga sehingga terlihat unik dan cantik. Juga ada menara berbentuk lancip dengan ketinggian sekitar 3 meter yang berfungsi sebagai gardu pandang dan kerap dimanfaatkan untuk foto selfie. Selain itu juga ada jembatan bola bola, rumah pohon, ayunan kepompong, hingga kerang raksasa.
  • Keindahan Hutan Mangrove
  • Mangrove atau tanaman bakau yang mendominasi kawasan ini membuat pemandangan pantai Kadilangu terlihat unik dan berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya. Fungsi tanaman bakau untuk menahan abrasi dan penyaring air laut ini merupakan hasil swadaya warga sekitar pantai. Selain manfaatnya yang banyak untuk warga, pesona pantai dengan hutan bakaunya juga sangat indah. Melalui jembatan bambu yang dibangun warga, pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar pantai sambil menikmati rimbunnya tanaman bakau.
  • Menikmati Cantiknya Sunset dan Sunrise
  • Waktu terbaik mengunjungi hutan mangrove ini adalah pagi menjelang matahari terbit (sunrise) atau saat sore menjelang matahari terbenam (sunset). Pemandangan alam yang tersaji di sekitar pantai hutan mangrove pada kedua momen itu sangatlah istimewa. Cahaya dari matahari yang masuk di sela pepohonan bakau menampilkan panorama yang sangat mempesona. Jangan lupa siapkan kamera dengan kapasita penyimpanan yang cukup besar untuk mengabadikan momen-momenn indah tersebut.



      Tiket Masuk

    Untuk masuk ke area Pantai Pasir Kadilangu ini kalian harus membayar tiket dulu ya, ga perlu khawatir karena harga tiket masuk Pantai Pasir Kadilangu ini cukup murah kok, hanya Rp 3000 untuk hari biasa, dan saat liburan tiba maka aka dikenakan biaya Rp 4000 saja. Sementara untuk parkirnya, jika kalian menggunakan motor akan dikenakan parkir sebesar Rp 2000, lalu jika menggunakan mobil akan dikenakan tarif parkir Rp 5000 saja.


    Share:

    0 comments:

    Post a comment

    Note: only a member of this blog may post a comment.

    Definition List

    Unordered List








    Support

    Calendar Widget by CalendarLabs