Tuak Manis dari Nusa Lontar





Tuak Manis dari Nusa Lontar


Menyusuri daerah pantai yang ada di Nusa Tenggara Timur kita akan selalu menjumpai Pohon Lontar di kiri kanan jalan. Saat menyusuri Pantai Batulesa, kami berjumpa dengan pasangan suami istri: Bapak Otneal Dellu dan Ibu Juliana Lona.Ada pemandangan menarik yang kami jumpai, Pak Otneal membawa dua buah Haik (tempat mengisi tuak yang terbuat dari pohon lontar) dengan didampingi istrinya.

Dengan di bantu oleh Pak Mesakh Toy pendamping lokal kami, kami berkomunikasi dengan Pak Otneal dan Ibu Juliana. Saat itu rasa ingin tahu kami tertuju pada minuman yang dibawa dengan mengunakan Haik. Ternyata minuman tersebut adalah Tuak Manis yang dihasilkan oleh Pohon Lontar.

Ibu Yuliana segera menuangkan dua gelas tuak kepada kami, dan kami segera meminumnya. Seketika saya teringat minuman yang sama seperti di daerah saya Gorontalo. Namun kalau di Gorontalo dihasilkan dari pohon enau, maka di Kupang Nusa Tenggara Timur dihasilkan dari pohon Lontar. Uniknya lagi, minuman tersebut ditampung dalam wadah yang terbuat dari daun pohon lontar yang diberi nama Haik.

Informasi yang kami dapatkan dari Pak Otneal bahwa Tuak Manis ini dapat diminum langsung dan juga bisa diolah menjadi gula cair atau gula batu. Namun apabila Tuak manis ini dibiarkan terlalu lama maka dapat akan memberikan reaksi pusing bila diminum.



BACA JUGA: Kuliner Khas Kupang Kalimantan Timur yang enak dan mudah untuk di buat dirumah



    Baca Juga Kuliner Khas Kupang Kalimantan Timur Lainnya
  • Nasi Kolo Khas Kupang Nusatenggara Timur
  • Catemak Jagung NusaTenggara Timur Kupang
  • Tuak Manis dari Nusa Lontar
  • Sambal Lu'at Khas Kalimantan Timur
  • Jagung Bose Khas Kalimantan Timur
  • Se'i Sapi Khas Kalimantan Timur
  • Kuliner Khas Kupang Kalimantan Timur yang enak dan mudah untuk di buat dirumah
    Share:
  • 0 comments:

    Post a comment

    Note: only a member of this blog may post a comment.

    Definition List

    Unordered List








    Support

    Calendar Widget by CalendarLabs