10 Tempat WISATA yang nge-Trend di Bandung Jawabarat


Sumber Video Youtobe Oleh studio Sunday "https://www.youtube.com/embed/94ZnTu_BxWc"



TANGKUBAN PERAHU

Tangkuban Perahu yang terletak 30 km sebelah utara kota Bandung ibukota provinsi Jawa Barat Indonesia . Merupakan obyek wisata lembang yang terpopuler bagi para wisatawan yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama tiap akhir pekan atau liburan panjang.

Gunung Tangkuban Perahu meletus pada 1826, 1829, 1842, 1846, 1896, 1910, 1926, 1929, 1952, 1957, 1961, 1965, 1967, 1969, 1983, dan 2013. Dan mempunyai ketinggian 2.084 meter DPL (Dari Permukaan Laut). Dengan ketinggian itu udara disekitarnya cukup dingin, 17 derajat pada siang hari dan 2 derajat pada malam hari. Di sekitaran gunung ini juga tumbuh subur pohon-pohon pinus dan perkebunan teh yang membuat pemandangan di sekitar gunung Tangkuban Perahu begitu indah. Gunung Tangkuban Perahu memiliki beberapa kawah yang terbentuk akibat meletusnya gunung Tangkuban Perahu ini. Di antara kawah-kawah tersebut, ada tiga kawah yang paling terkenal yakni, Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas.

Untuk menuju ke lokasi gunung Tangkuban Perahu cukup mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Akan ada banyak rambu-rambu lalulintas yang akan menuntun anda yang langsung mengarahkan anda ke kawah menggunakan kendaraan pribadi.


Ada beberapa rute yang bisa anda ikuti untuk sampai ke Gunung Tangkuban Perahu:
Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi ini alternatif jalannya.
Pertama Dari pintu tol Pasteur, anda lurus saja menuju Jl Dr. Djunjunan – lalu anda mengarah ke pasar Kaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang – Gunung Tangkuban Perahu.

Kedua Dari pintu tol Padalarang – anda menuju ke arah Cimahi – belok kiri ke arah Jl Kolonel Masturi – jika telah sampai di pertigaan Jalan Raya Lembang anda belok kiri – Gunung Tangkuban Perahu.


Apabila anda menggunakan kendaraan umum ini alternatif jalannya.

  • Dari terminal Leuwi Panjang Bandung – anda naik bus jurusan Bandung – Indramayu – anda bisa turun di pertigaan gerbang yang menuju Gunung Tangkuban Perahu.
  • Dari stasiun Hall Bandung – angkot jurusan stasiun Hall – Lembang – berhenti di perempatan – ambil angkot jurusan lembang – Cikole – Gunung Tangkuban Perahu.


MENURUT SEJARAH DONGENG WARGA SEKITAR MENGENAI GUNUNG TANGKUBAN PERAHU


Sejarah gunung Tangkuban Perahu berawal dari cerita dongeng Sangkuriang. sebuah legenda yang diwariskan turun temurun oleh orang-orang tua dahulu yang kebenarannya tentu tidak bisa dibuktikan.

Dahulu kala hiduplah seorang wanita cantik yang bernama Dayang Sumbi, ia merupakan puteri raja. Dayang Sumbi mempunyai seorang anak laki laki bernama Sangkuriang yang sangat suka pergi berburu. Hampir setiap hari Sangkuriang masuk keluar hutan dan hasilnya pun sangat memuaskan dimana ia selalu mendapatkan hewan buruan yang banyak.

Selama berburu, Sangkuriang selalu ditemani oleh seekor anjing titisan dewa bernama Tumang yang tidak lain merupakan suami dari Dayang Sumbi atau ayah kandung Sangkuriang, hanya saja Dayang Sumbi tidak pernah memberitahu Sangkuriang bahwa ayah kandungnya seekor anjing karena tidak ingin anaknya merasa malu dan kecewa.

Sangkuriang hanya tahu bahwa ayah kandungnya telah lama meninggal dunia dan tidak menyadari bahwa anjing yang selalu menemaninya itulah ayah kandungnya. Kemanapun Sangkuriang pergi pasti selalu diikuti Tumang yang selalu menjaganya, Tumang juga selalu membantu Sangkuriang menangkap hewan buruan.

Pada suatu hari seperti biasa Sangkuriang mengajak Tumang berburu di hutan. Dengan kemampuan memanah yang baik, Sangkuriang membidik burung dan menembaknya. Burung itupun terjatuh, namun ketika Sangkuriang memerintah Tumang untuk mengambil burung hasil buruan tersebut, sang anjing tidak patuh.

Lantas Sangkuriang pun murka dan memukul Tumang hingga mati dengan sebatang kayu lantaran sangat kesal karena tidak menuruti perintah dari Sangkuriang. Setelah Tumang mati, sangkuriang lantas membelah perut Tumang, mengambil hatinya untuk dibawah pulang. Setibanya dirumah, seperti biasa Sangkuriang memberikan hasil buruan kepada Dayang Sumbi untuk dimasak, termasuk memberikan hati milik anjing kesayangannya yang sudah mati, Tumang.

Setelah makan hidangan hasil buruan tadi, Dayang Sumbi mencari cari Tumang dengan maksud untuk memberi makan anjing kesayangan anaknya yang sekaligus suaminya tersebut. Seluruh rumah dan halaman sudah diperiksa namun Dayang Sumbi tidak juga menemukan Tumang, lantas Dayang Sumbi pun bertanya kepada Sangkuriang dimana keberadaan Tumang.

Dengan entengnya Sangkuriang berkata bahwa Tumang sudah ia bunuh karena tidak patuh menuruti perintahnya dan Sangkuriang pun mengatakan, masakan yang mereka makan merupakan daging Tumang. Bak mendengar halilintar di siang bolong, Dayang Sumbi pun murka dan memukul kepala Sangkuriang dengan sendok nasi dan mengusirnya dari rumah.

Keputusan Dayang Sumbi mengusir Sangkuriang tersebut membawa rasa penyesalan yang begitu dalam sehingga pada akhirnya Dayang Sumbi memutuskan untuk pergi bersemedi selama berbulan bulan lamanya. Dewa lantas memberikan karunia kepada Dayang Sumbi yakni selalu awet muda dan tidak pernah menjadi tua serta kecantikan abadi.

Setelah diusir oleh ibunya, Sangkuriang akhirnya pergi mengembara tanpa tujuan. Perjalanan yang sangkuriang tempuh tidak menentu, ia pun berkali kali singgah dan berguru dengan banyak orang orang sakti selama bertahun tahun hingga tak terasa Sangkuriang tumbuh besar menjadi pria gagah, tampan dan berilmu tinggi.

Pada suatu ketika, Sangkuriang pun kembali ke desa tempat tinggalnya dahulu dan ia merasa sangat terkejut dengan perubahan desa yang dulunya menjadi rumah sewaktu masa kecilnya. Karena itulah Sangkuriang tidak mengenali lagi orang orang didesanya termasuk Dayang Sumbi.

Singkat cerita Sangkuriang akhirnya bertemu dengan ibunya, namun karena wajah Dayang Sumbi sudah berubah menjadi sangat cantik setelah mendapatkan karunia dewa menyebabkan Sangkuriang tidak mengenali lagi wajah ibunya begitu juga Dayang Sumbi juga tidak mengenali lagi Sangkuriang.

Keduanya sering bertemu dan akhirnya saling jatuh cinta. Sangkuriang begitu terpersona dengan kecantikan Dayang Sumbi dan hendak segera melamarnya. Awalnya Dayang Sumbi menerima lamaran Sangkuriang, namun tiba tiba pada suatu hari sewaktu mereka sedang memadu kasih, tanpa sengaja ikat kepala Sangkuriang terlepas.

Dayang Sumbi bermaksud merapihkan kembali ikat kepala Sangkuriang, namun Dayang Sumbi akhirnya terkejut melihat bekas luka pada kepala Sangkuriang. Ia pun menanyakan asal muasal bekas luka tersebut kepada Sangkuriang dan setelah mendengar ucapan Sangkuriang yang menyebutkan bahwa luka tersebut disebabkan oleh pukulan ibunya sewaktu masih kecil dulu karena membunuh anjing kesayangannya maka semakin yakinlah Dayang Sumbi bahwa kekasihnya tersebut tak lain merupakan anak kandungnya yang sudah lama menghilang.

Dayang Sumbi kemudian menjelaskan kepada Sangkuriang bahwa mereka adalah ibu dan anak yang sudah lama terpisah, namun Sangkuriang tidak mempercayai ucapan Dayang Sumbi lantaran wajah Dayang Sumbi sama muda dengan dirinya. Sangkuriang beralasan wajah ibunya saat ini pastinya sudah tua dan ia tidak mempercayai ucapan Dayang Sumbi sama sekali.

Sangkuriang terus mendesak Dayang Sumbi untuk segera menikah namun selalu saja mendapat penolakan. Ibu mana yang mau menikah dengan anak kandung sendiri, demikianlah hal yang dipikir Dayang Sumbi berkali kali.

Dayang Sumbi bersikeras menolak lamaran Sangkuriang dan mencoba menghindar untuk tidak bertemu dengan anaknya lagi. Karena bosan diteror terus menerus oleh Sangkuriang, Dayang Sumbi akhirnya mau menerima lamaran asalkan Sangkuriang mampu memenuhi 2 syarat yang diajukannya.

Karena Dayang Sumbi memang tidak berniat menikah dengan Sangkuriang, dibuatkanlah syarat yang sangat berat dengan maksud supaya Sangkuriang tidak akan sanggup memenuhinya dan akhirnya bisa membatalkan pernikahannya dengan Sangkuriang.

Syarat pertama yaitu Dayang Sumbi meminta Sangkuriang membendung sungai Citarum untuk dijadikan danau yang luas dan syarat kedua meminta dibuatkan kapal besar untuk bulan madu mereka nantinya hanya dalam waktu satu malam saja. Karena kesaktiannya Sangkuriang pun menyanggupi persyaratan yang diajukan Dayang Sumbi tersebut.

Pada hari yang ditentukan, Sangkuriang mulai membendung aliran sungai citarum, namun ia tidak sendiri melainkan dibantu oleh bangsa Jin. Karena kesaktiaannya, Sangkuriang bisa memanggil ratusan Jin untuk datang membantunya membendung sungai Citarum. Dalam waktu singkat Sungai citarum akhirnya berhasil dibendung, perlahan namun pasti terbentuk sebuah danau yang luas.

Setelah selesai menyelesaikan syarat pertama, Sangkuriang kemudian memerintahkan para Jin mengambil kayu terbaik di hutan untuk dijadikan bahan utama pembuatan kapal besar. Tidak butuh waktu yang lama bagi bangsa Jin melakukan apa yang diperintahkan Sangkuriang. Dayang Sumbi yang sejak tadi diam diam melihat dari kejauhan merasa panik karena pekerjaan Sangkuriang hampir selesai.

Dayang Sumbi kembali ke perkampungan, membangunkan dan memerintahkan warga untuk memukul alu dan menghidupkan api secara bersama sama sehingga langit menjadi terang. Bangsa Jin yang membantu Sangkuriang mengira hari sudah pagi sehingga memutuskan untuk menghentikan pekerjaannyadan kembali ke alamnya.

Pekerjaan membuat perahu yang hampir selesai itupun gagal dan Sangkuriang pun murka setelah menyadari Dayang Sumbi menipu dirinya dengan sengaja membunyi alu supaya tampak seperti fajar. Dengan sangat marah, Sangkuriang membuang sumbatan yang membendung sungai Citarum ke arah timur dan menjadi gunung Manglayang. Sementara itu perahu besar yang ia buat ditendang hingga melayang di udara dan terjatuh tertelungkup menjadi gunung Tangkuban Perahu.

Tidak hanya sampai disitu, Sangkuring kemudian mengejar Dayang Sumbi hingga ke Gunung Putri. Sesaat ketika hampir terkejar, Dayang Sumbi berubah wujud menjadi sekuntum bunga. Sementara itu Sangkuriang tetap mencari Dayang Sumbi hingga kawasan ujung Berung, disana Sangkuriang tersesat dan masuk kealam gaib.


KAMPUNG GAJAH WONDERLAND


Dinamai Kampung Gajah karena tempat wisata ini dihiasi dengan patung gajah yang berjejer. Kampung Gajah teretak di bagian utara Bandung menawarkan keindahan alam yang asri dan udara yang sejuk,

Dengan lahan yang memiliki luas hingga 60 hektare, para pengunjung bisa menjelajahi sekitar lebih dari 30 wahana wisata yang tersedia. Misalnya seperti Segway, 4D Rider, Delman Royal, Mini ATV, Sky View, Cross Formula Kart, ATV Adventure, Sky Rider, Tubby Slide, dan lainnya. Ada juga area Children Playground dan juga Rumah Teletubbies bagi para pengunjung yang berwisata dengan membawa anak-anak yang masih kecil.

Harga tiket masuk Kampung Gajah Woderland adalah 25 ribu untuk mobil dan Rp 15 ribu untuk motor.

Berikut ini adalah beberapa wahana di Kampung Gajah Wonderland yang bisa Anda nikmati:

  • Touring ATV
  • Fun Bike
  • Outbound Activities
  • Bumperboat : Rp. 40.000
  • Child Playground : Rp. 20.000
  • Mini ATV : Rp. 20.000
  • Mini Buggy : Rp. 30.000
  • Side Car : Rp. 40.000
  • Buggy Family : Rp. 80.000
  • Buggy Futuristic : Rp. 50.000
  • Horse Riding : Rp. 20.000
  • Delman Royal : Rp. 60.000
  • Sky Rider : Rp. 40.000
  • Formula Kart : Rp. 50.000
  • Futuristic Train : Rp. 15.000
  • Tubby : Rp. 20.000
  • Bodycycle : Rp. 15.000
  • Segway : Rp. 100.000
  • 4D Rider : Rp. 50.000
  • Delman Royal
  • Sky View
  • Cross Formula Kart
  • Rumah Teletubbies
  • wing & swing ini flying fox
  • Waterboom: Rp. 75.000,- untuk hari biasa dan Rp. 100.000 untuk akhir pekan dan hari libur. Ini sudah termasuk wahana lain di dalamnya seperti:
  • Wavepool
  • Kiddy Pool
  • Octopus Racer
  • BIG Tornado
  • Motogolf
  • Bungee Trampoline
  • Grass Skating
  • Sepeda Air, dll.


Pengelola Kampung Gajah Wonderland tampaknya masih terus menambah wahana-wahana baru dan juga berbagai hotel dan penginapan di kawasan wisata tersebut.


CIATER LEMBANG


Ciater Lembang merupakan wisata pemandian air panas yang menarik yang banyak diminati orang. Dalam sehari wisata Ciater ini bisa dikunjungi lebih dari 60.000 orang.

obyek wisata air panas Ciater ini dilansir baik untuk kesehatan. Pasalnya berdasar hasil penelitian serta analisa Balneologi, sumber air hangat mineral yang ada mengandung Calsium, Magnesium, Chloride, sulfat, Thermo, Mineral, serta Hypertherma dengan kadar aluminium yang tinggi yaitu 38,5 equiv persen, dan keasamannya juga sangat tinggi yaitu PH : 2,45.

Sementara suhu air panasnya yang berasal dari mata air sekitar 43 derajat Celsius – 46 Derajat Celsius. Sedangkan yang berada dalam kolam kadar temperaturnya mencapai 37 Derajat Celsius – 42 derajat celsius.Suhu air dinginnya bisa mencapai sekitar 8 – 10 Derajat Celsius. lokasi pemandian air panas ini berada di Desa Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat, letaknya di lembah Ciater, ditengah perkebunan teh di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Suhunya juga tidak terlalu dingin, hanya sekitar 20 Derajat Celsius secara maksimal, minimalnya 16 Derajat Celsius. Dengan menempati areal seluas 30 Ha aktif, dan 40 Ha pasif.

Aliran dari kawah akftif ini, selain disalurkan untuk pemandian air panas Ciater, juga mengalir melewati sungai dangan panjang 2.000 meter yang akhirnya dingin lalu dimanfaatkan untuk kepentingan warga di dalam pengairan sawah.

Menurut para petani setempat, air belerang memberikan pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan air biasa. Di tempat wisata di bandung pemandian air panas Ciater ini, selain menikmati sehatnya mandi air panas, anda juga bisa menikmati suasana yang santai di sebuah arena wisata yang cukup luas.

Berbagai fasilitas outbond pun juga tersedia di pemandian air panas Ciater ini.

    Diantaranya:
  • Ada sarana olahraga,
  • flying fox,
  • arung jeram,
  • restaurant,
  • dan juga sarana permainan bagi dewasa dan juga anak-anak.


Harga tiket masuk pemandian air panas Ciater Bandung yang terbilang murah juga menjadi tujuan banyak pengunjung.

anda bisa masuk dengan membayar Rp 14.000 per orang. Sedangkan tiket untuk kolam pemandian seharga Rp 80.000 per orang, dan kolam pemandian sederhana dengan harga Rp 20.000 s/d Rp 55.000 per orang.

Bagi masyarakat tidak asing lagi terhadap pusat wisata Air Panas Ciater tersebut. Untuk menuju lokasi dapat dilakukan semua arah, dari Bandung-Ciater dengan jarak tempuh 32 Km, Lembang-Ciater 15 Km, Kawah-Ciater 7 Km, Subang – Ciater 30 Km, Jakarta-Ciater melalui arah puncak 212 Km, Jakarta-Ciater melalui Tol Cikampek-Bekasi 185 Km. Konon khabarnya mata air panas Ciater tersebut berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu, yang terletak tidak jauh dari obyek wisata Sari Ater.


DUSUN BAMBU FAMILY LEISURE PARK


Suka berfoto dan mengunggahnya ke sosmed? jangan khawatir. Terdapat banyak spot berfoto yang unik dan indah disini.

Dusun Bambu Bandung mulai dikenal publik sekitar awal tahun 2014. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Lembang. Selain itu juga berdekatan dengan tempat wisata lain.

Menurut sumber "https://dusunbambu.com/",

Dusun Bambu Family Leisure Park menjadi taman di kaki gunung yang menyediakan fasilitas pendidikan dan rekreasi. Dusun Bambu Family Leisure Park adalah tempat ekowisata. Dan kami menghargai konsepsi & E yang mewakili tujuh aspek kehidupan: Ekologi (alam), Pendidikan, Ekonomi, Etologi (budaya), Etika, Estetika (Estetika), dan Hiburan. Dusun Bambu Family Leisure Park menawarkan sebuah taman di di Mt. Kaki Burangrang yang memberikan pendidikan dan rekreasi layanan. Dengan & E, Dusun Bambu bercita-cita menjadi tempat # 1 Eco-Tourism di Jawa Barat.
Sehingga menjadi alternatif tempat rekreasi pilihan anda bersama keluarga untuk mencari ketenangan dan kenyamanan di Bandung.

Banyak hal yang bisa anda lakukan disini. Kita bisa sekedar menikmati susasana bersama pasangan, menikmati kuliner di beberapa resort dan cafe, membawa anak dan keluarga bermain bersama, ataupun berjalan santai mengitari taman yang tertata.

Dari tempat parkir menuju area utama jaraknya cukup jauh. Anda bisa berjalan menyusuri sawah dengan gazebo-gazebo istirahat, atau menggunakan shuttle yang berangkat setiap 5 menit sekali. Shuttle untuk pengunjung disediakan gratis, dan dihiasi dengan bunga warna warni.
Selain itu anda juga bisa menginap di villa yang tersedia. Mau sedikit beda? cobalah menginap di fasilitas glamping yang ada disini.


KAMPUNG DAUN




Sumber Video Youtobe oleh "Surga Indonesia" https://www.youtube.com/watch?v=jUIz_P2S0XY



Suasana tenang dan romantis di waktu petang sore hari dengan dihiasi lampu-lampu akan menambah keindahan suasana Kampung Daun ini. Saat masuk ke Kampung Daun, Anda akan dimanjakan dengan suasana pedesaan dengan banyak penjual souvenir khas jawa barat yang bisa Anda beli di sini.

lingkungan alamnya memang sudah mendukung konsep suasana yang dibangun Kampung Daun, selain terletak di dataran tinggi yang memiliki udara sejuk juga daerah sekitarnya memang masih asri, bisa dimaklumi karena lokasi Kampung Daun memang terletak di salah satu jalur utama wisata Bandung – Lembang.

Dengan Menikmati hidangan dengan suasana yang nyaman, asri, tentram dan damai akan menjadi pengalaman yang mengesankan, apalagi tersaji dalam atmorfer alami dengan berbagai keindahan di setiap sudutnya, itulah pengalaman yang di tawarkan oleh Kampung Daun Culture Gallery & Cafe sebuah tempat makan/restoran yang ada di sebelah utara Kota Bandung, jika anda merencanakan liburan di Lembang, tidak salah rasanya jika Kampung Daun masuk kedalam list destinasi wisata anda di Lembang.

Kampung Daun berada di kawasan Villa Trinity di Lembang ini sudah berdiri sejak 7 tahun yang lalu mulai dari 4 pondokan hingga lebih dari 20 pondokan dengan ragam menu makanan yang semakin beragam. Menu makanan yang disajikan sangat cocok untuk lidah indonesia dan banyak menu makanan untuk keluarga.

Lokasi Kampung Daun: Villa Triniti, Jalan Sersan Bajuri KM. 4,7, Cihideung, Cigugur Girang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40154 Telp. 022-2787915


MUSEUM KAA BANDUNG


Museum ini digunakan sebagai tempat pertemuan penting pada tahun 1955, tempat ini di desain oleh Art Deco tempat ini banyak menyimpan foto dan berbagai peninggalan untuk mengenang konferensi pada masa itu. Museum Konperensi Asia Afrika berlokasi di Gedung Merdeka yang terletak di Jalan Asia Afrika Nomor 65 Bandung.

Museum ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka. Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika sebagai tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika. museum ini diresmikan pada tanggal 24 April 1980 bertepatan dengan peringatan 25 tahun Konferensi Asia Afrika.

Di Museum ini kita dapat melihat peninggalan-peninggalan, informasi yang berkaitan dengan Konferensi Asia Afrika, termasuk latar belakang, perkembangan konferensi tersebut, sosial budaya, dan peran bangsa-bangsa Asia Afrika, khususnya bangsa Indonesia dalam percaturan politik dan kehidupan dunia.

Museum Konperensi Asia Afrika memiliki ruang pameran tetap yang memamerkan sejumlah koleksi berupa benda-benda tiga dimensi dan foto-foto dokumenter peristiwa Pertemuan Tugu, Konferensi Kolombo, Konferensi Bogor, dan Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

    Selain itu dipamerkan juga foto-foto mengenai :
  • Peristiwa yang melatar belakangi lahirnya Konferensi Asia Afrika;
  • Dampak Konferensi Asia Afrika bagi dunia internasional;
  • Gedung Merdeka dari masa ke masa;
  • Profil negara-negara peserta Konferensi Asia Afrika yang dimuat dalam multimedia.



TRANS STUDIO


Di Trasn Studio Bandung anda dapat menikmati 20 wahana dan hiburan yang seru, dengan gaya desain arsitek Hollywoo 60-an. Anda akan menemukan bintang favorit seperti Marilyn Monroe, Michael Jackson dan Jeng Kelin. Ada petualangan menjelajahi kota di sepanjang jalur safari. dan masih banyak lagi permainan yang penuh dengan petualangan lain yang seru dan ajaib.

Alamat Trans Studio Bandung adalah Jalan Gatot Subroto Nomor 289, Bandung Jawa Barat. Trans Studio Bandung lokasinya sama dengan mall Trans Studio Mall yang sebelumnya bernama Bandung Super Mall (BSM) yang merupakan salah satu mall terbesar di Bandung.

Jalan menuju Trans studio Bandung sangat mudah karena letaknya di dalam perkotaan dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, berikut rute yang dapat Anda tempuh:

  • Dari stasiun besar Bandung
    Setelah turun dari stasiun besar Bandung, naiklah angkot warna hijau nomor 12 jurusan Stasiun Hall 1 – Gede Bage > kemudian turun di Jalan Jendral Gatot Subroto dan berganti angkot warna merah hijau nomor 30 rute Elang Kalapa – Cicadas.
  • Dari Terminal Leuwi Panjang
    Setelah turun dari bis, carilah angkot warna merah nomor 05 jurusan Cibaduyut – Cicaheum > lalu turun di perempatan Binong (Kiaracondong – Gatot Subroto). Kemudian berganti angkot warna hijau kuning nomor 01 A jurusan rute Cicaheum – Abdul Muis.
  • Dari Terminal Cicaheum
    Naiklah angkot warna hijau kuning nomor 01 A jurusan Cicaheum – Abdul Muis.
  • Dari Bandara Husein Sastranegara
    Naiklah angkot warna coklat hijau nomor 31 rute Ciroyom – Antapani > kemudian turun di perempatan Kiaracondong – Jalan Jakarta, lalu berganti angkot warna hijau kuning nomor 01 A rute Cicaheum – Abdul Muis.

    Trans Studio Bandung buka setiap hari pada jam:
  • Senin sampai Jumat: 10.00 – 21:00
  • Sabtu dan Minggu: 09.00 – 22:00
  • Hari libur nasional: 09.00 – 22:00


    Adapaun harga tiket masuk trans studio Bandung adalah sebagai berikut:
  • Senin Sampai Jumat: Rp.150.000
  • Sabtu dan Minggu: Rp.250.000
  • Hari libur nasional: Rp.250.000
  • VIP (Tanpa antri ): Rp.250.000


Untuk menikmati wahana wahana yang ada didalam trans studio bandung ini sudah tidak akan dikenai biaya lagi karna harga tiket sudah termasuk untuk menikmati segala macam wahana yang ada di trans studio bandung ini.


CIHAMPELAS WALK


Cihampelas walk atau masyarakat sering menyebutnya dengan Ciwalk adalah pusat pembelanjaan yang memiliki konsep alami. bukan hanya sandang, disana banyak disuguhkan dengan berbagai wisata kuliner di Bandung yang disertai dengan udara bersih dan keadaan nyaman.


MUSEUM GEOLOGI


Museum yang ada di bandung lainya adalah museum Geologi, museum Geologi merupakan tepat wisata di Bandung dengan harga tiket murah dan tempat wisata yang cocok untuk anak-anak di Bandung, karena selain berwisata anak-anak juga mendapatkan banyak pengetahuan jika datang ke museum ini.

Museum yang sudah menjadi bangunan bersejarah di kota Bandung, dibangun pada tanggal 16 Mei 1928 dan sempat direnovasi dengan dana bantuan dari Jepang sehingga saat ini tetap dalam kondiri baik sebagai tempat wisata yang layak dikunjungi di Bandung.

Sehingga menarik minat banyak wisatawan, Museum ini pun dijadikan tempat study tour sekolah-sekolah yang berlokasi di kota Bandung dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan koleksi yang dimiliki Museum Geologi Bandung sangat berguna untuk pendidikan serta mempunyai nilai-nilai sejarah kehidupan dan pelestarian alam yang sangat mendidik. Koleksi yang dimiliki oleh Museum Geologi Bandung yaitu bebatuan, fosil, dan mineral. Di tempat ini pengunjung juga dapat mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan bencana alam, bumi, pemanfaatan sumber daya dengan benar, cara mengolah energi, dan lain-lain.

Museum Geologi Bandung beralamat di Jalan Diponegoro Nomor 57, Bandung. Lokasi museum ini sangat mudah dicapai karena berada di tengah kota dan banyak kendaraan umum yang lewat. Bila Anda ingin menggunakan kendaraan umum, maka Anda bisa menaiki angkot dengan nomor 10. Angkot yang bewarna kuning – hijau ini memiliki rute Stasiun Hall – Sadang Serang. Bila menaiki angkot ini, mintalah untuk turun di pertigaan Masjid Pusdai, kemudian setelah turun Anda harus menaiki angkot nomor 05 bewarna hijau – hitam. Angkot ini mempunyai rute Cicaheum – Ledeng dan melewati Museum Geologi Bandung. Museum Geologi Bandung terletak dekat dengan Gedung Sate, salah satu ikon kota Bandung.


MUSEUM SRI BADUGA



Museum Sri Baduga Bandung adalah salah satu museum yang terletak di dalam kota Bandung. Museum Sri Baduga ini dikelola oleh Pemprov Jawa Barat, yang telah berdiri sejak tahun 1974 dengan menggunakan bangunan lama bekas Kawedanan Tegalega, yang setelah itu diresmikan pada tanggal 5 Juni di tahun 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan waktu ketika itu, Bapak Daoed Joesoef.

Lokasi museum ini terletak di jalan BKR nomor 165, tepat di depan taman Tegalega kota Bandung.
Harga tiket masuk R.2500 untuk orang dewasa dan Rp.1500 untuk anak-anak.



KEBUN BINATANG BANDUNG



Terletak di Jl. kebun binatang no 6 Bandung, Jawa Barat. Kebun binatang di Bandung menyajikan flora dan fauna. bisa dimanfaatkan kalangan edukatif, bagi anak-anak untuk menambah ilmu pengetahuan dan pengetahuan baru yang bermanfaat dan berguna untuk kehidupan masyarakat.

Memiliki luas sekitar 14 hektar dimana tak hanya satwa yang ada di dalamnya tapi juga beberapa tumbuhan yang sengaja di tanam dan di rawat, selain itu juga terdapat beberapa tempat wisata di dalamnya.

Kebun Binatang ini didirikan sekitar tahun 1930-an oleh Bandung Zoological Park (BZP) yang ketika itu dipelopori oleh Direktur Bank Dennis, Hoogland. Pengesahannya sendiri diwenangi oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang kemudian dituangkan dalam keputusan 12 April 1933 No 32. Kebun Binatang ini sempat tidak terurus dengan baik pada masa pendudukan Jepang. Langkah perbaikan mulai diambil pada 1948. Pada 1956, BZP dibubarkan. Sebagai gantinya berdirilah Yayasan Margasatwa Tamansari pada tahun 1957. Yayasan itulah yang hingga kini mengelola Kebun Binatang Bandung.

BACA JUGA: Sejarah BANDUNG singkat beserta Tokoh Pahlawan Perjuangannya.





Share:

0 comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Definition List

Unordered List








Support

Calendar Widget by CalendarLabs