7 Kuliner masakan aceh sabang yang patut di coba


Sumber gambar: http://www.banyumurti.net/2015/04/taman-wisata-kuliner-sabang.html


1.MIE ACEH JALAK

Menurut sumber cerita setempat pemberian nama mie Jalak, karena pembuatnya bernama Pak Jalak. Mie Jalak juga memiliki rasa yang juga unik. Mie Jalak memiliki warna kekuningan, Bentuk mie-nya lurus dan gepeng. Berwarna sedikit pucat, Mie Jalak ditaburi daun bawang, telur rebus dan potongan tumis ikan kecap dengan kuah bening yang biasanya dicampur dengan tauge, daun bawang dan ditaburi daging ikan yang dipotong dadu.

Mie Jalak mirip dengan mie siram kebanyakan, tetapi yang membuat mie jalak ini unik adalah kecap asin yang dicampurkan ke dalam kuahnya juga adanya irisan daging ikan yang berbentuk dadu dan juga ada tambahan irisan daun bawang dan telor ayam.
Diberi sedikit kuah dan sambal, Mie Jalak bakalan menggoyang lidah traveler yang baru pertama kali mencoba. Enak banget!
Disajikan dengan Roti Bakar dan Kopi Tarik akan menambah semangat buat menjelajahi kota sabang dengan kuliner lainnya.

berikut resep cara pembuatan mie aceh jalak sabang


2. RUJAK ACEH

Rujak Aceh mirip dengan rujak dari daerah lain pada umumnya. Bahan dasar rujak aceh pada umumnya mangga kweni dengan bengkuang yang diserut kasar.
memilih buah seperti seperti sawo matang, salak, pepaya, mangga, jambu air, ubi jalar, belimbing, nanas, kuini, mentimun, dan masih banyak lagi. Yang pasti, pilihlah buah yang sesuai dengan selera. sehingga menghasilkan aneka rujak manis, asem, pedas dan gurih. Kalau untuk bumbu pada mulanya sama saja, yang penting ada asam dan juga gula aren. untuk bahan isian buah kembali ke selera masing-masing tidak harus sesuai resep,

berikut resep cara membuat RUJAK ACEH


3. SATE MATANG

Sate matang, dikatakan demikian karena menurut cerita berasal dari suatu daerah Gampong Matang Glumpang Dua yang berada di bireun,Kecamatan Peusangan yang dulunya bireun sebagai tempat transit bis-bis besar,Medan-Banda Aceh. karena didaerah transit bis terkenal dengan satenya, maka itu disebut sate bireun matang yang akhirnya disebut oleh pengunjung setianya sate matang. benar tidaknya cerita tersebut ya walahualam....

sate matang ini adalah sate kambing yang disajikan dengan kuah kacang beserta kuah soto yang wangi rempahnya luar biasa dengan citarasa manis gurih disajikan dengan kuah kaldu panas ditambah seporsi nasi putih, itulah yang membedakan nya dengan sate-sate lain yang ada.

berikut resep cara membuat SATE MATANG


4.AYAM TANGKAP
Menurut Wikipedia Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas.

Kebiasaan menyantap ayam tangkap sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Aceh. Pengolahan ayam ini tidaklah sulit yaitu hanya dengan menggoreng setelah sebelumnya sudah terlebih dahulu diberi bumbu agar gurih saat disantap. Bumbu yang digunakan seperti bawang putih, lada, kemiri, garam, dan jahe. Setelah dibumbui, ayam lalu digoreng sekitar 5–10 menit.
Pada saat yang bersamaan, dimasukkan pula beberapa genggam daun yang akan disajikan bersama ayam sehingga rasa rempah dedaunan turut meresap ke dalam daging ayam. Daun yang digunakan, di antaranya daun kari, potongan daun pandan, dan salam koja. Dedaunan itu pula yang kemudian menutupi sajian ayam tangkap pada setangkup piring

berikut resep cara membuat AYAM TANGKAP


5.SATE GURITA
Sate Gurita namanya, salah satu panganan yang menjadi ciri khas Kota Sabang.
Pusat Jajanan Selera Rakyat (Pujasera) dan di Desa Pasiran, Kecamatan Sukakarya, Sabang. banyak menyediakan sate gurita disini.
Sate ini memang menjadi makanan yang unik di Kota Sabang,rasa daging gurita yang lembut, ditambah lagi dengan bumbu kacang yang pas, Yang menjadi keunikkan dari Sate Gurita adalah rasa dari daging gurita itu sendiri. dijamin satu porsi tidak akan cukup.

SATE GURITA merupakan salah satu kuliner yang paling unik dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia. Gurita memang mudah ditemui di sekitar perairan dangkal Pulau Weh. Nelayan lokal sering kali menemukan gurita diantara hasil tangkapan mereka.

berikut resep cara membuat SATE GURITA


6.UNGKOT KEUMAMAH

Ungkot Keumamah atau disebut juga di sebut Eungkot Kayee. Keumamah Ikan kayu khas Aceh adalah daging ikan tongkol yang di rebus. Sesudah itu di keringkan bersama cara di salai (diasap), dikarenakan ikan kering jadi keras layaknya kayu. Orang Jepang termasuk mengenal ikan kering layaknya ini, di sebut katsubushi.biasanya di serut halus sebagai penyedap rasa berbagai kuah.

Di Aceh, Keumamah Ikan kayu khas Aceh atau ikan kayu di sayut tipis-tipis dan di lembabkan ulang bersama cara merendam nya di dalam air panas, sebelum saat sesudah itu di matang dalam bumbu gulai bersantan tebal yang kaya rempah.

Untuk membawa dampak Keumamah Ikan kayu khas Aceh di gunakan tiga type cabai yakni cabai rawit, cabai merah, cabai hijau. Bukan masakan Aceh misalnya tidak pedas. Untuk membawa dampak lebih menyenangkan , gulai Keumamah Ikan kayu khas Aceh termasuk kerap di isi bersama kentang, kacang panjang, atau sayur-mayur lainya, seperti: jantung pisang, atau terung telunjuk

berikut resep cara membuat UNGKOT KEUMAMAH


7.GULAI KAMBING

Rahasia yang membuat kari kambing dari Aceh ini begitu sedap dan lezat adalah terletak pada jenis dan banyaknya bumbu yang di gunakan. Tak tanggung-tanggung, lebih kurang 22 jenis bumbu yang digunakan demi kenikmatan Kuah Sie Kameng ini.
Isian kuah sie kameng adalah potongan daging dan jeroan kambing empuk. Untuk kuahnya, berupa kari yang dibuat dengan santan dan puluhan rempah. Termasuk serai, daun temurui, pekak, adas, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh.

berikut resep cara membuat GULAI KAMBING


Share:

0 comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Definition List

Unordered List








Support

Calendar Widget by CalendarLabs