5 Wisata Sabang Surga Bawah Laut yang sangat Exotic

Sumber Gambar "https://www.merdeka.com/gaya/mengunjungi-tugu-kilometer-nol-indonesia-di-kota-sabang.html"

1. TUGU NOL KILOMETER

Tugu Kilometer Nol Indonesia diresmikan oleh Wakil Presiden Try Sutrisno pada bulan September 1997.

Lokasi tempat ini kira-kira 30 kilometer dari pusat kota Sabang, Tepatnya berada di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. atau sekitar 1 jam perjalanan dari kota sabang.

Jalan menuju ke Tugu ini agak sepi. Dalam perjalanan menuju ke Tugu Nol Kilometer, Anda akan menikmati pemandangan laut tak bertepi dan Anda akan melewati kawasan hutan lindung di ujung barat Indonesia yang cukup menyegarkan, Tak jarang pengunjung akan menjumpai kawanan monyet-monyet liar di sepanjang jalan di tengah hutan. Hingga akhirnya menemukan ujung jalan beraspal yang menandakan titik terluar Indonesia.

Ada rasa kebanggaan dan kepuasan tersendiri ketika mencapai Tugu Nol Kilometer ini. Melihat sunset di tugu nol kilometer Sabang termasuk yang terindah dan tercantik di tanah air.

Persis di depan tugu, anda juga bisa menemukan banyak pedagang yang menjual makanan ringan seperti gorengan, rujak, cinderamata, kedai kopi, dan restoran. Di sekitar tugu, wisatawan bisa menemukan tempat parkir, taman, tempat sampah, toilet umum, dan juga mushola.

Dalam prasasti itu bertuliskan penetapan posisi geografis Indonesia diukur pakar BPP Teknologi dengan menggunakan teknologi satelit Global Positioning System (GPS). Tugu baru Kilometer Nol Sabang sesuai kontruksi rancangan pembangunan dibangun dengan empat pilar sebagai tiang penyokong yang melambangkan semboyan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote yang merupakan batas kedaulatan Indonesia.

Selembar sertifikat yang menerangkan bahwa kita sudah sampai di ujung barat Indonesia juga bisa didapatkan di lokasi ini. Sertifikat itu dikeluarkan oleh dinas pariwisata kota Sabang.




Sumber Gambar "https://www.sea-seek.com/sites.php?lien=Pulau-Klah-Teluk-Sabang-"

2.PULAU KLAH

Sabang merupakan salah satu Kota Wisata Bahari bawah lautnya. diantaranya Pulau Klah.
Pulau Klah ini berada di sebelah Barat Laut dari pulau Weh dan tepatnya berada di jantung teluk Sabang. Di pulau ini juga dibangun sebuah mercusuar yang fungsi sebagai navigasi untuk kapal-kapal yang ingin berlabuh di Teluk Sabang. Pulau Klah ini juga terletak berhadapan dengan Pantai Kreung Raya.

Pulau ini memiliki luas yang tidak terlalu luas.namun keindahan alam yang dimilikinya begitu indah mempesona, Pulau ini merupakan salah satu pulau yang berada pada pertemuan arus masuk dan keluarnya air laut sehingga banyak ditemui ikan cakalang dan ikan layaran.

Di lokasi ini yang paling ditonjolkan adalah keindahan alam bawah lautnya, sehingga pengunjung dapat melakukan diving, snorkling, atau bahkan surfing sebagai wisata hiburannya. Berbagai jenis ikan dengan keindahan warna-warninya terumbu karang alam bawah laut yang berpadu dengan jernihnya air laut.

Warga sekitarpun turut membudidaya berbagai jenis ikan dengan kolam-kolam yang ada di tepi pantai. tersedia juga berbagai fasilitas tempat makan seperti cafe-cafe yang ada di tepi pantai, kamar mandi umum atau WC umum, tempat penyewaan alat snorkling. di sekitar kawasan ini juga terdapat tempat penginapan dan bungalow yang berada di pinggir Pulau Klah ini.

Lokasi penginapan yang berada di pinggir pulau ini tetap menyajikan keindahan panorama laut yang indah yang dapat di lihat dari balkon-balkon yang tersedia. Dari pusat kota, silahkan mengambil arah ke Pantai Iboih yang merupakan pintu masuk wisata bawah laut Sabang. Nah! Pulau Klah sendiri berada di perlintasan, sehingga cocok untuk melepas penat usai menjelajah kawasan gerbang barat wisata bahari Indonesia.




Sumber Gambar "http://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?1197-Pantai-Sumur-Tiga-Sabang-Nanggroe-Aceh-Darussalam-Indonesia"

3.PANTAI SUMUR TIGA

Pantai Sumur Tiga salah satu kawasan wisata yang berada di Pulau Sabang yang berada di ujung Barat Indonesia. Letaknya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Nanggro Aceh Darussalam. Keindahan Pantai Sumur Tiga ini terletak digaris pantai yang panjang dan keiindahan sunrise yang cantik, Pantai yang indah bersih berpasir putih dengan air lautnya yang jernih berwarna biru kehijauan dengan pepohonan hijau pohon kelapa melambai-lambai ditiup angin akan membuat Anda nyaman dan tenang berlibur di Pantai ini.

Ombak di pantai ini pun termasuk cukup besar di kala pasang dan tenang ketika surut dikala sore hari. Oleh karena itu ketika sore pantai ini menjadi tempat yang asyik untuk snorkeling berenang menyusuri pantai. dan pagi harinya anda dapat menikmati matahari terbit di ujung barat Indonesia.

Seperti namanya, di lokasi Pantai Sumur Tiga terdapat 3 buah sumur air tawar yang lebar dan besar. Di lokasi pantai ini juga terdapat situs sejarah peninggalan masa Jepang. Yaitu, banyaknya benteng sisa Pendudukan Jepang meski kurang terawat, namun benteng tersebut masih bisa kita temukan di wilayah pantai Sumur Tiga tersebut.



Sumber Gambar "http://kartikaeka4277.blogspot.co.id/2016/04/pesona-pariwisata-twin-city-kota-sabang.html"

4.PANTAI UJUNG KAREUNG

Lokasinya berada di Desa Ujung Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.
Letaknya hanya sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Sabang. Birunya air laut membuat pengunjung tidak ingin beranjak pergi dari lokasi ini. Bahkan, pengunjung bisa melihat putihnya pasir laut dan ikan-ikan jinak di kedalaman lima sampai enam meter di dasar laut.

Pantai Ujung Kareung, pantai ini dikatakan sangat berbeda dengan pantai lainnya yang menyajikan pasir putih yang panjang, namun di pantai ini justru banyak sekali bebatuan di sekitar bibir pantai yang ukurannya cukup besar. Sehingga banyak sekali cekungan-cekungan unik di pinggiran pantai. Menurut masyarakat setempat, karena banyaknya terdapat karang di sepanjang pesisir pantai, dengan itulah Pantai Ujung Kareung ini dinamai.

Ujong Kareung terletak mulai dari Cassanemo hingga berujung di Mata Ie yang terdiri dari empat lorong. wilayah Gampong Ujong Kareung sebelah utara berbatasan dengan Gampong Ie Meule, sementara Sebelah selatan berbatasan dengan Gampong Anoi Itam, Sebelah barat berbatasan dengan Gampong Cot Ba’u, dan Sebelah timur berbatasan langsung dengan laut lepas

Menurut Wikipedia Luas area Gampong Ujong Kareung adalah 122,6 ha. Ujong Kareung berada di garis lintang 5052’ 52, 10” U dan 950 20’ 39, 27” dengan elevasi 85 mdPL. Ujong Kareung adalah sebuah gampong yang sangat indah diiringi dengan kekayaan wisata yang luar biasa.
Pantai Ujung Kareung ini bisa menjadi salah satu referensi pengunjung, untuk berlibur di Pulau Paling ujung Barat Indonesia.



Sumber Gambar "https://dolandolen.com/taman-laut-pulau-rubiah-si-cantik-dari-kota-sabang-banda-aceh/"
"http://acehplanet.com/snorkeling-di-pulau-rubiah-sabang-2/"


5.PULAU RUBIAH

Pulau Rubiah berada di ujung barat Pulau Sumatera, Kondisi pulau yang masih alami, serta terjaga kelestariannya dengan pesona kekayaan bawah lautnya atau Sea Garden of Rubiah dijuluki sebagai surganya para penyelam.

Keindahan alam bawah laut yang dimiliki Pulau Rubiah ini sungguh menakjubkan, terdapat berbagai spesies terumbu karang yang berwarna warni, anemon laut, bintang laut, dan alga hidup serasi bersama ikan-ikan seperti ikan badut atau yang sering disebut ikan nemo, ikan kepe-kepe, ikan botana biru, ikan karang, angel fish, lion fish dan masih banyak lagi. Dengan berbagai ukuran dari yang kecil hingga besar, ikan-ikan ini akan senantiasa menemani wisatawan saat snorkeling. Hal inilah yang menjadi destinasi para wisatawan pecinta snorkeling dan diving di pulau ini.

Kelestarian panorama bawah laut yang ada dipulau ini juga terjaga dengan sangat baik. Pulau tak berpenghuni ini ini memiliki luas kurang lebih 26 Hektar.

Pemandangan alam yang sungguh menakjubkan. Hamparan lautan luas berwarna biru dengan air yang jernih, perbukitan hijau, serta pantai lengkap dengan pasir putihnya akan memanjakan mata para pengunjung. Perahu-perahu kecil yang berlalu-lalang juga akan dijumpai oleh wisatawan.

pada masa peperangan tempat ini juga pernah dijadikan sebagai benteng pertahanan yang hingga kini masih bisa dilihat sisa-sisa benteng tersebut. Pada sekitar tahun 1900, pulau ini dijadikan sebagai transit bagi para jemaah haji yang akan pergi ke Mekkah. Pada zaman dahulu memang belum ada pesawat, sehingga jemaah haji pun harus menggunakan kapal.

Akses Untuk menuju Pulau Rubiah, Anda dapat melalui rute dari Banda Aceh Menuju Pulau Weh dengan menggunakan kapal ferry atau kapal cepat. Waktu yang ditempuh jika menggunakan kapal ferry sekitar 90 menit, untuk kapal cepat hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Sesampainya di Pulau Weh, Anda dapat melanjutkan perjalanan untuk menuju ke Pulau Rubiah dengan menggunakan perahu motor yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit.


Setelah lelah berkeliling menikmati indahnya keindahan alam di pulau weh, sayang jika melewatkan kuliner yang ada di pulau weh sabang tersebut, Klik disini untuk melihat 7 Kuliner masakan aceh sabang yang patut di coba

BACA JUGA:

Share:

0 comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Definition List

Unordered List








Support

Calendar Widget by CalendarLabs